image1 image2 image3 image4 image5

Pohon penyumbang oksigen untuk kehidupan di bumi

Tanamlah pohon untuk kelangsungan generasi berikutnya di bumi.Pohon adalah salah satu penyumbang oksigen (O2), akan tetapi hanya sebesar 20% untuk bumi. pohon berguna untuk mitigasi (mengurangi) karbon dioksida (CO2) yang ada di bumi. karena nilai wajar dari CO2 adalah 0,1% di bumi ini, tetapi tahun 2013 ini kadar CO2 di atmosfer bumi sudah mencapai 0,3%.

Mitra PMI mungkin pernah mendengar jika pohon dapat menghasilkan oksigen, tetapi apakah mitra PMI pernah bertanya-tanya berapa banyak oksigen pohon yang di hasilkan? Atmosfer Bumi memiliki komposisi berbeda dari planet lain sebagian karena reaksi biokimia dari organisme bumi.

 

Pohon dan plankton memainkan peran besar dalam hal ini. Jumlah oksigen yang dihasilkan oleh pohon tergantung pada jenis pohon, umur, kesehatan, dan juga pada lingkungan pohon.

Berbagai presentasi angka dan metodologi perhitungan. Berikut adalah beberapa tokoh dikutip lain mengenai jumlah oksigen yang dihasilkan oleh pohon :
“Pohon rindang matang menghasilkan oksigen untuk sebanyak 10 orang menarik napas dalam setahun dalam satu musim.”

”Sebuah pohon dewasa tunggal dapat menyerap karbon dioksida pada tingkat 48 pon /tahun dan melepaskan oksigen yang cukup kembali ke atmosfer untuk mendukung 2 manusia.” - Arbor Day Foundation.

Manfaat Sebatang Pohon :

  1. Menyerap panas 8x lebih banyak;
  2. Menghasilkan Oksigen (O2) sebanyak 1/2 Kg/Hari/Pohon;
  3. Menyerap Karbondioksida (CO2) 14 Kg/Tahun dari polusi udara yang dihasilkan dari pabrik dan kendaraan bermotor serta menyerap debu;
  4. Memberikan keteduhan bila duduk di bawah pohon pada siang hari;
  5. Mencegah erosi/tanah longsor;
  6. Mencegah banjir;
  7. Mencegah terjadinya kekeringan saat  musim kemarau;
  8. Dan mencegah serta mengurangi Dampak Pemanasan Global (Global Warming);
  9. Selain itu akar pohon berfungsi untuk : (a) Menyerap air ke tanah, (b) Mengikat butir-butir tanah, (c) Mengikat air di pori tanah.

Ternyata :
1 (satu) pohon menghasilkan 1,2 kg oksigen per hari. 1 (satu) orang bernafas perlu 0,5 kg oksigen per hari. Jadi 1 (satu) pohon menunjang kehidupan 2 (dua) orang dan menebang 1 (satu) pohon di kota berarti menghilangkan persediaan oksigen untuk 2 (dua) orang.

Jadi untuk mengurangi kekurangan oksigen dan dampak pemanasan global, tanamlah pohon untuk kelangsungan generasi berikutnya di bumi.

Sumber : International Society publikasi Arborikultur sendi

Joomla SEO by AceSEF