image1 image2 image3 image4 image5

Bidang Pelayanan Kesehatan

Kodim 0102 Kumpulkan 51 Kantong Darah

Kodim 0102 donorkan darahPidie Jaya: Menipisnya persediaan Darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Pidie Jaya selama ini di Kabupaten Pidie Jaya. Untuk memenuhi tingginya permintaan dari pasien yang membutuhkan tranfusi darah. Kurangnya pendonor, merupakan salah satu permasalahan tersendiri yang harus di hadapi.

Berbagai langkah antisipasi untuk menjaga ketersediaan darah, Kodim 0102 Pidie melakukan kegiatan bakti sosial Donor Darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pidie Jaya (28/4/2016).

Kegiatan Donor Darah yang dipusatkan di Panggung Meudeun Meurah Seutia Kota Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, “setelah beberapa hari yang lalu masyarakat sempat mengeluh karena kekurangan stok darah baik di UTD RSU pidie jaya maupun di UDD PMI Pidie”.

bakti sosial dalam rangka pemenuhan stok darah ini kami laksanakan bersama PMI Pidie Jaya setelah beberapa hari yang lalu kami sempat menerima keluhan dari warga bahwa stok darah kosong, kami berharap setelah kegiatan ini terlaksana kebutuhan stok darah dapat tertanggulangi, sehingga warga yang membutuhkan transfusi darah dapat dengan mudah menjalani perawatannya tanpa harus takut lagi akan kekosongan stok darah yang tersedia”, ujar dandim 0102 pidie Letkol. Inf. Usik Samwa Parana.

Read more...

Donor Darah Perdana Kantor Camat Kumpulkan 54 Kantong

Palang Merah Indonesia (PMI) berkerjasama dengan Camat Kuta Alam mengelar kegiatan donor darah di Halaman kantor, Selasa (16/02). Kegiatan donor darah untuk menyikapi kekurangan dalam beberapa hari ini di PMI Kota Banda Aceh.

Warga sangat antusias dengan kegiatan donor darah yang diselengarakan di kantor Camat Kuta Alam. Donor darah dimulai pagi hari sampai siang berhasil mengumpulkan 54 kantong darah, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Pegawai Kecamatan, Satpol PP Provinsi, Satpol PP Kota Banda Aceh, Brimob Polda Aceh, dan kepala desa serta warga Kuta Alam.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Hagny dalam menyambut baik kegiatan donor darah di kecamatan Kuta Alam “Terimakasih kepada Camat, Sekretaris Camat dan seluruh pegawai dan pendonor darah sukarela, semoga kerjasama PMI dengan kecamatan Kuta Alam sebagai pilot project kegiatan donor darah.”

Camat Kuta Alam Ria Jelmanita, S.Sos menyampaikan “kegiatan ini merupakan kegiatan perdana, menyikapi kekurangan darah di PMI semoga dengan kita mengawali kegiatan donor kecamatan lain juga turut serta melakukan donor darah.” Tambahnya lagi “ini merupakan program kerja kita dengan PMI Kota Banda Aceh untuk kedepan kegiatan donor darah bisa rutin.”

KSR PMI Unsyiah Mengelar Simulasi Kecelakaan Jalan Raya

simulasi kecelakaan jalan raya untuk pelayanan pertolongan pertamaKorps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar simulasi kecelakaan di jalan raya di Darussalam, Banda Aceh, Minggu (14/02). Kegiatan ini merupakan salah satu program KSR PMI Unsyiah Pos Pelayanan Pertolongan Pertama (P4) dilaksanakan tiap tahun.

Sebelum simulasi seluruh peserta dibekali ilmu Pertolongan Pertama (PP) pola 70 jam selama 6 hari yang dimulai tanggal 3 sampai 8 Februari 2016 lalu.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan KSR PMI Unsyiah dalam melakukan pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan baik medis maupun non medis.

Ketua KSR PMI Unsyiah Mulya saat dikonfirmasi menjelaskan “Sebelumnya relawan KSR Unsyiah telah mengikuti pelatihan pertolongan pertama selama 70 jam dari tanggal 3 sampai 8 Februari, kegiatan ini merupakan program Pos Pelayanan Pertolongan Pertama (P4) yang selalu di buat setiap tahunnya.”

Ada 3 (tiga) pemateri yang membimbing relawan pada saat pelatihan pertolongan Pertama di antarnya Deki Arista, Maskur dan Lil Yusra. Sedangkan materi yang disampaikan di antara lain Pengertian Pertolongan Pertama, Penilaian, Bantuan Hidup Dasar (BHD), Perdarahan, Cidera otot rangka, Cidera kepala, leher, dada dan tulang belakang, luka bakar, keracunan, kedaruratan medis dan triage.

Deki Arista selaku pelatih ketika dikonfirmasi berharap “relawan yang telah dilatih ilmu pertolongan pertama ini dapat mengaplikasinya ke masyarakat.”

PMI Aceh Utara Menggelar Kegiatan Peringatan Hari Aids Se-dunia

peringatan hari aids sedunia PMI aceh utaraACEH UTARA-   Memperingati Hari Aids sedunia, yang jatuh setiap tanggal 1 Desember.  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Utara bersama Yayasan Putri Bungsu Jakarta serta dukungan Pemkab Aceh Utara menggelar aksi malam renungan serta pawai. Kegiatan itu diikuti oleh ratusan relawan dari PMI maupun KSR serta PMR di Kabupaten Aceh Utara.

Menurut ketua panitia pelaksana kegiatan, Hendra Yuliansyah, peringatan hari Aids sedunia kali ini, diisi dengan dua beberapa kegiatan.  Yakni malam renungan yang dilakukan pada Senin malam (30/11) bertempat di gedung Panglateh, Lhoksukon.

Pada malam renungan tersebut, hadir sejumlah narasumber, Ketua PMI Aceh Utara, Ismed Nur AJ Hasan, Ketua Yayasan Putri Bungsu Jakarta, Lily Indria Jasmine, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, dr Makhrozal, serta ratusan relawan yakni dari PMI, perwakilan mahasiswa dan juga siswa yang berhadir pada malam itu.

Read more...

Joomla SEO by AceSEF