image1 image2 image3 image4 image5

KSR PMI Unsyiah Mengelar Simulasi Kecelakaan Jalan Raya

simulasi kecelakaan jalan raya untuk pelayanan pertolongan pertamaKorps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar simulasi kecelakaan di jalan raya di Darussalam, Banda Aceh, Minggu (14/02). Kegiatan ini merupakan salah satu program KSR PMI Unsyiah Pos Pelayanan Pertolongan Pertama (P4) dilaksanakan tiap tahun.

Sebelum simulasi seluruh peserta dibekali ilmu Pertolongan Pertama (PP) pola 70 jam selama 6 hari yang dimulai tanggal 3 sampai 8 Februari 2016 lalu.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan KSR PMI Unsyiah dalam melakukan pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan baik medis maupun non medis.

Ketua KSR PMI Unsyiah Mulya saat dikonfirmasi menjelaskan “Sebelumnya relawan KSR Unsyiah telah mengikuti pelatihan pertolongan pertama selama 70 jam dari tanggal 3 sampai 8 Februari, kegiatan ini merupakan program Pos Pelayanan Pertolongan Pertama (P4) yang selalu di buat setiap tahunnya.”

Ada 3 (tiga) pemateri yang membimbing relawan pada saat pelatihan pertolongan Pertama di antarnya Deki Arista, Maskur dan Lil Yusra. Sedangkan materi yang disampaikan di antara lain Pengertian Pertolongan Pertama, Penilaian, Bantuan Hidup Dasar (BHD), Perdarahan, Cidera otot rangka, Cidera kepala, leher, dada dan tulang belakang, luka bakar, keracunan, kedaruratan medis dan triage.

Deki Arista selaku pelatih ketika dikonfirmasi berharap “relawan yang telah dilatih ilmu pertolongan pertama ini dapat mengaplikasinya ke masyarakat.”

Joomla SEO by AceSEF