image1 image2 image3 image4 image5

Bidang Pelayanan Kesehatan

PMI Aceh Utara Bagikan Dua Puluh Ribu Masker

pembagiaan masker terhadap respon kabut asapLhoksukon – PMI Aceh Utara, Provinsi Aceh, merespon dampak kabut asap yang melanda Kabupaten Aceh Utara dalam sebulan terakhir ini dengan membagikan 20 ribu masker kepada masyarakat.

H. Ismed Nur AJ Hasan, Ketua PMI Kabupaten Aceh Utara di sela kegiatan tersebut mengatakan, pembagian ribuan masker dilakukan selama dua hari pada sejumlah titik di wilayah itu yang merupakan kawasan sentral kegiatan atau aktivitas masyarakat.

Sebutnya, sejak hari Minggu (25/10), PMI bersama dengan relawannya telah membagikan masker di Kecamatan Lhoksukon, di sejumlah titik, antara lain di pusat pasar, SPBU Lhoksukon dan juga di kawasan Simpang Rangkaya, Kecamatan Tanah Luas, serta di Pesantren Al Muslimun Lhoksukon.

Sedangkan pada hari Senin, konsentrasi pembagian masker di wilayah barat Kabupaten Aceh Utara dilakukan di pusat Ibu kota Kecamatan Dewantara, baik di pasar dan juga persimpangan jalan nasional B.Aceh-Medan dan juga dalam kawasan kecamatan tersebut.

Read more...

Pelatihan Spesialisasi Pertolongan Pertama

Pembukaan PelatihanPMI Provinsi Aceh mengadakan pelatihan pertolongan pertama. Untuk memperkuat kapasitas Sumber Daya Manusia  PMI Aceh dalam memberikan pelayanan pertolongan pertama terhadap masyarakat. Sebagai wujud kesiapsiagaan PMI dalam mempersiapkan relawan-relawan yang memiliki kemampuan dalam memberikan bantuan pertolongan pertama tanpa membeda-bedakan si korban.

Pelatihan ini diadakan di pusat pendidikan dan pelatihan PMI Provinsi Aceh, komplek markas PMI Aceh Jalan Ajun Jeumpet No.18 Darul Imarah Aceh Besar, mulai tanggal 19 s/d 26 Mei 2014. Peserta pelatihan dikirim dari lima PMI kab /kota (Pidie, Aceh Selatan, Subulussalam, Aceh Barat dan Bireun).

Sebagai organisasi kemanusiaan yang netral dan independen dalam melaksanakan bantuan kepada pemerintahnya, diharapkan terus memberikan pertolongan pada korban-korban bencana maupun nonbencana.

Pertolongan pertama bertujuan untuk memberi pertolongan guna mencegah keadaan bertambah buruk sebelum si korban mendapatkan tindakan dan perawatan medis sesungguhnya. Hal-hal apa yang harus dilakukan oleh pemberi pertolongan (relawan), tentunya kepada peserta pelatihan harus terus banyak memberikan pertanyaan kepada pelatih-pelatih yang telah bersetifikat nasional, agar dalam tindakan sesungguhnya dapat di implementasikan dengan baik, demikian kata sambutan dari Ketua bidang kesehatan Dr. Kurnia F Jamil.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Ketua PMI Provinsi Aceh, Bapak T Alaidinsyah.

PMI Aceh Selatan Adakan Simulasi Penanganan Korban Lakalantas

Palang Merah Indonesia Kabupaten Aceh Selatan  bekerjasama dengan Satlantas Polres Aceh selatan menggelar simulasi penanganan  korban kecelakaan lalulintas (Lakalantas)  pada pukul. 11.15 WIB senin 30/12/2013 di Jl. Syech Abdulrauf Tapaktuan.

Simulasi yang berlangsung tidak kurang dari 8 menit ini memperagakan aksi penanganan korban Lakalantas dengan kejadian antara mobil kijang kapsul dengan pengendara sepeda motor.

Adapun kronologi kejadian  disebabkan kelalaian sopir mobil Kijang kapsul menyetir sambil menggunakan hand phone dan tanpa disadari dari arah berlawanan secara tiba-tiba muncul pengendara sepeda motor dengan kecepatan tinggi, sopir terkejut secara spontan membanting stir ke pembatas jalan sehingga menabrak pohon diatas trotoar, sedangkan pengendara sepeda motor terserempet sehingga jatuh ke badan jalan sejauh 2 meter, kedua korban mengalami luka serius sebagaimana di ungkapkan saksi mata Sarul Basni.

Read more...

Aksi Promosi Donor Darah PMI Aceh Selatan

Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Aceh Selatan ke 68, PMI Kabupaten Aceh Selatan melakukan promosi donor darah dengan membagikan stiker, poster, brosur dan cindreramata kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 20 s/d 26 Desember 2013.

Aksi ini sebagai upaya untuk memenuhi ketersediaan akan darah di wilayah Kabupaten Aceh Selatan dan juga untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan bersama RSUD dr. H. Yullidin Away- Tapaktuan dan PMI Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan Promosi Donor Darah dengan melibatkan SKPD di Kabupaten Aceh Selatan, Masyarakat Tapaktuan dan Samadua, dan Mahasiswa perguruan tinggi.

Selain kegiatan promosi turut juga dilakukan kegiatan Donor Darah Massal yang akan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati pada tanggal 24 Desember 2013 dengan peserta dari SKPD dan Istansi serta Masyarakat serta Kodim 0107 yang juga sedang melaksanakan HUT ke 57 Kodam IM TA 2013, turut serta mendukung kegiatan ini, akan juga mengirimkan anggotanya untuk menyumbangkan darah.

Read more...

Joomla SEO by AceSEF