image1 image2 image3 image4 image5

Pelatihan MTDB PMI Provinsi Aceh

pelatihan mtdbPeningkatan kapasitas relawan dan organisasi PMI dalam kesiapsiagaan bencana menjadi hal utama dalam prabencana. Pelatihan manajemen tanggap darurat bencana (MTDB) korlap menjadi proses peningkatan kapasitas relawan PMI yang nanti bertugas di lapangan pada kabupaten/kota masing-masing.

Wujud dari pengurangan resiko bencana yang dilakukan PMI dengan mengadakan pelatihan manajemen tanggap darurat bencana pada 8 sampai dengan 13 September 2015 di Markas PMI Provinsi Aceh. Sejumlah 25 orang relawan PMI ikut dalam pelatihan ini. Pelatihan ini dibagi kedalam dua metode, tiga hari peserta dibekali dengan materi lokal dan tiga hari praktek dan simulasi lapangan.

Perlu adanya perawatan akan fasilitas yang dimiliki PMI Provinsi Aceh juga menuntut mengaktifkan posko pengendali bencana untuk simulasi pelatihan tanggap darurat bencana. Dalam situasi normal ini, perawatan akan fasilitas yang di miliki Markas PMI Provinsi Aceh sekaligus memastikan peralatan berfungsi dengan baik jika terjadi bencana sebagai kesiapsiagaan menjadi sebuah keharusan.

 pelatihan mtdb

pelatihan mtdb

Manajemen yang baik akan dapat mempermudah kinerja dan proses pengendalian operasi tanggap darurat bencana. Untuk itulah perlu terus dilatih relawan-relawan dalam manajemen tanggap darurat bencana. Pelatihan ini membangun kerjasama tim dalam mengefektifkan waktu operasi tanggap darurat sehingga proses pengelolaan informasi lapangan menjadi lebih efektif. Dengan proses latihan dan simulasi pengendalian posko bencana tanggap darurat dapat mengurangi kemungkinan ditemuinya hambatan pada operasi tanggap darurat sesungguhnya.

Dalam materi-materi pelatihan MTDB PMI, relawan PMI  tidak bekerja sendiri, PMI tentunya membantu pemerintah dalam upaya menyediakan pelayanan kepada masyarakat korban bencana secara efektif dan efisien serta sesuai dengan prinsip-prinsip Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Joomla SEO by AceSEF