image1 image2 image3 image4 image5

Bidang Penanggulangan Bencana

Pelatihan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

pelatihan sibat pulau acehPMI kabupaten Aceh Besar sukses melaksanakan pelatihan tim siaga bencana berbasis masyarakat (sibat) dukungan dana inisiasi Kesiapsiagaan Berbabasis Masyarakat IFRC. Pelatihan ini bertempat di meunasah Desa Ulee Paya Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Pelatihan ini berlangsung mulai tanggal 30 Oktober sampai dengan 4 November 2015.

Tim panitia pelatihan Sibat adalah relawan PMI Kabupaten Aceh Besar yang juga merupakan fasilitator untuk kegiatan pelatihan Sibat di desa Ulee Paya Kecamatan Pulo Aceh. Tim fasilitator berangkat ke lokasi pelatihan dengan menggunakan perahu motor karena merupakan daerah pulau kecil yang di kelilingi laut. Kegiatan pembukaan diikuti oleh peserta pelatihan, Tim Panitian/Fasilitator, Staf PB PMI Aceh, Keuchik Ulee Paya dan unsur Pemuda Ulee Paya. Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Keuchik Ulee Paya.

Read more...

Pelatihan Kesiapsiagaan Masyarakat Desa Sapek

pelatihan sibat desa sapek aceh jayaPMI  Kabupaten Aceh Jaya telah melakukan kegiatan Pelatihan kesiapsiagaan masyarakat desa Sapek pada 31 Oktober sampai 5 November 2015 di Balai TPA desa Sapek Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya. Sumber kegiatan ini didukung melalui dana inisiasi Internasional Ferderasi Red Cross and Red Crescent ( IFRC ).

Pelatihan ini diikuti oleh 17 orang dari target 20 orang yang akan hadir. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari monitoring divisi penanggulangan bencana PMI Provinsi Aceh tentang kesiapsiagaan anggota sibat gampong. Pelatihan ini difasilitasi oleh relawan PMI kabupaten Aceh Jaya dengan metode pelatihan pemaparan, slide persentasi, tugas kelompok dan simulasi.

Read more...

Refresh Sibat PMI Kabupaten Bireuen

kesiapsiagaan bencana gampong kab.bireuenPMI  Kabupaten Bireuen di dukung PMI Provinsi Aceh telah melakukan kegiatan refres  Sibat di Kecamatan Pandrah tanggal 20 -24 Oktober 2015 di Aula Kantor Kecamatan Pandrah Kabupaten Bireuen. Sumber kegiatan ini didukung melalui dana inisiasi Internasional Ferderasi Red Cross and Red Crescent ( IFRC ).

Kegiatan ini di buka oleh Sekretaris PMI Kabupaten Bireuen Bapak Juanda Abdullah, S.E. Acara ini turut dihadiri Camat Kecamatan Pandrah, Danramil Kecamatan Pandrah, Kapolsek Kecamatan Pandrah dan Kasubdiv Bidang Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Aceh, serta 20 orang peserta perwakilan dari 5 gampong (Nase Me, Lhok Dagang, Pandrah Janeng, Pandrah Kandeh, Gampong Blang) yang berada di Kecamatan Pandrah. Gampong-gampong tersebut sebelumnya pernah di bina PMI dengan dilaksanakannya program Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM) pada tahun 2012 – 2014.

Read more...

Pelatihan Penyusunan Rencana Kontinjensi Banjir Gampong

Pelatihan penyusunan rencana kontijensi gampongPMI  Kabupaten Aceh Barat Daya di dukung PMI Provinsi Aceh telah melakukan kegiatan Pelatihan Penyusunan Rencana Kontinjensi Banjir Gampong Ujung Padang dan Gampong Pulau Kayu Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya.

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 28 -30 Oktober 2015 di Markas PMI Kabupaten Aceh Barat Daya dengan dukungan dana kegiatan melalui dana inisiasi (IFRC) Internasional Ferderasi Red Cross and Red Crescent.

Kegiatan tersebut di buka oleh Ketua PMI Kabupaten Aceh Barat Daya Bapak Anwar Daud SH didampingi jajaran Pengurus PMI Kabupaten Aceh Barat Daya. Serta di hadiri perwakilan PMI Provinsi Aceh Kasubdiv Bidang Penanggulangan Bencana Bapak Fauzi Husaini. Pelatihan ini diikuti 40 orang peserta perwakilan dari 2 Gampong di Kecamatan Susosh yaitu Gampung Pulau Kayu dan Gampong Ujung Padang.

Read more...

Program Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat

simulasi evakuasi gempa berpotensi tsunamiPMI Provinsi Aceh bekerjasama dengan Palang Merah Amerika dan didukung USAID telah melaksanakan Progran Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat (disingkat PERTAMA) Pesisir Pada  Desember 2012 – Juni  2015 di Kecamatan Setia Bakti dan Kecamatan Sampoinet Kabupaten Aceh Jaya. Program PERTAMA Pesisir merupakan kegiatan pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat melaui peningkatan kapasitas, pemberdayaan masyarakat dan mitigasi bencana.

Program ini merupakan upaya PMI dalam mendampingi masyarakat, bagaimana mereka bisa memperkuat kapasitas gampongnya (gampong artinya; desa) menjadi desa tanggap bencana. Pengelolaan habitat hidup manusia ini sebagai tempat beraktifitas, tentunya harus menjadi tempat berlindung manusia untuk bisa melangsungkan kehidupan. Luasnya makna yang perlu dicapai membuat PMI mengemas dalam program terpadu sesuai dengan kapasitas PMI dapat lakukan bersama masyarakat dengan di dukung Palang Merah Amerika dan USAID.

Read more...

Joomla SEO by AceSEF