image1 image2 image3 image4 image5

Bidang Penanggulangan Bencana

Serah Terima Fasilitas Pipanisasi Air Bersih, MCK dan Tempat Ibadah di Kabupaten Aceh Tengah

Kerjasama PMI - Indocafco

PT Indocafco dan Starbucks menjalin kerjasama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi Aceh dalam menyalurkan bantuan. PT Indocafco sendiri merupakan salah satu eksportir kopi hijau yang terletak di kota Medan, yang sebagian pemasok kopinya berasal dari provinsi Aceh. Pembeli terbesar dari kopi tersebut adalah perusahaan minuman asal Amerika yaitu Startbucks.

Musibah gempa yang terjadi 2 juli 2013 lalu menjadi latarbelakang kerjasama itu tercipta. Ketika bencana itu terjadi didaerah pertanian kopi yang mana sebagiannya merupakan daerah penyuplai kopi ke PT Indocafco dan Starbucks.

Total bantuan yang disalurkan untuk bencana di Aceh Tengah sejumlah US$50.000 atau senilai dengan Rp574.970.000 yang merupakan donasi dari PT Indocafco dan Starbucks. Terbatasnya jumlah dana yang akan disalurkan menuntut PMI dan PT Indocafco untuk menseleksi wilayah-wilayah yang terkena dampak gempa. Bantuan yang disalurkan juga berfokus pada kebutuhan masyarakat secara umum. Maka dari itu bantuan disalurkan dalam bentuk pembuatan fasilitas-fasilitas umum masyarakat, seperti pipanisasi air bersih, MCK, dan sarana tempat ibadah. Bantuan ini disalurkan di beberapa kecamatan di Aceh Tengah di antaranya di Kecamatan Kuta panang, Bius, Kebayakan, dan Bebesen. Kini fasilitas umum tersebut telah dibangun bersama-sama dengan masyarakat.

Read more...

Joomla SEO by AceSEF