image1 image2 image3 image4 image5

Pelatihan Kesiapsiagaan Masyarakat Desa Sapek

pelatihan sibat desa sapek aceh jayaPMI  Kabupaten Aceh Jaya telah melakukan kegiatan Pelatihan kesiapsiagaan masyarakat desa Sapek pada 31 Oktober sampai 5 November 2015 di Balai TPA desa Sapek Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya. Sumber kegiatan ini didukung melalui dana inisiasi Internasional Ferderasi Red Cross and Red Crescent ( IFRC ).

Pelatihan ini diikuti oleh 17 orang dari target 20 orang yang akan hadir. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari monitoring divisi penanggulangan bencana PMI Provinsi Aceh tentang kesiapsiagaan anggota sibat gampong. Pelatihan ini difasilitasi oleh relawan PMI kabupaten Aceh Jaya dengan metode pelatihan pemaparan, slide persentasi, tugas kelompok dan simulasi.

Materi dalam pelatihan diantaranya pengantar pelatihan, orientasi kepalangmerahan, motivasi mengapa mau menjadi relawan SIBAT, konsep strategi dan pendekatan KBBM, management bencana, pemetaan BKRK, teknik menfasilitasi, pengantar tanggap darurat bencana,upaya pengurangan risiko bencana, muatan lokal (perubahan prilaku masyarakat dan watsan), pertolongan pertama. Kegiatan yang di lakukan diantaranya kampanye penyadaran masyarakat terhadap risiko bencana, sistem peringatan dini, dansimulasi tanggap darurat bencana.

pelatihan sibat desa sepak aceh jaya

Joomla SEO by AceSEF