image1 image2 image3 image4 image5

Pelatihan Sibat PMI Kabupaten Pidie

pelatihan sibat pidiePMI  Kabupaten Aceh Pidie melakukan kegiatan Pelatihan SIBAT (Siaga Bencanaa Berbasis Masyarakat) di Gampong Tinti Kecamatan Rinti Kabupaten Pidie. Pelatihan Sibat ini dilaksanakan di Meunasah Gampong Rinti yang berjarak kurang lebih 35 Km dari kantor PMI Kabupaten Pidie.

Pelatihan ini di ikuti sebanyak 18 orang peserta dari tanggal 29 Nopember sampai dengan 4 Desember 2015. Pelatihan ini di buka secara simbolis oleh Ketua PMI Kabupaten Pidie bapak Zakaria HM Yusuf,SHI, MM dan dihadiri oleh Sekretaris PMI Kabupaten Pidie, Waka Polsek Mutiara Timur, Keuchik Rinti, Kasubdiv Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Aceh, Relawan PMI Kabupaten Pidie.

Kegiatan ini dilaksanakan dukungan dana inisiasi (IFRC) Internasional Ferderasi Red Cross and Red Crescent dan di fasilitasi oleh Fasilitator PMI Kabupaten Pidie, PMI Provinsi Aceh serta kepanitiaan dari Sukarelawan PMI Kabupaten Pidie.

Hasil dari kegiatan ini peserta membuatkan peta risiko bencana banjir yang memang gampong mereka sangat rentan akan bencana tersebut. Beberapa pengelompokan dan analisa data peta bahaya seperti area terdampak, kerugian ekonomi, penduduk terpapar. Kemudian data peta kerentanan seperti fisik, lingkungan, sosial, ekonomi. Juga data peta kapasitas seperti infrastruktur, lingkungan. Dan di lengkapi jalur evakuasi daerah aman untuk menghidari bencana tersebut.

 pelatihan sibat PMI Pidie

Joomla SEO by AceSEF