image1 image2 image3 image4 image5

Pelatihan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

pelatihan sibat pulau acehPMI kabupaten Aceh Besar sukses melaksanakan pelatihan tim siaga bencana berbasis masyarakat (sibat) dukungan dana inisiasi Kesiapsiagaan Berbabasis Masyarakat IFRC. Pelatihan ini bertempat di meunasah Desa Ulee Paya Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Pelatihan ini berlangsung mulai tanggal 30 Oktober sampai dengan 4 November 2015.

Tim panitia pelatihan Sibat adalah relawan PMI Kabupaten Aceh Besar yang juga merupakan fasilitator untuk kegiatan pelatihan Sibat di desa Ulee Paya Kecamatan Pulo Aceh. Tim fasilitator berangkat ke lokasi pelatihan dengan menggunakan perahu motor karena merupakan daerah pulau kecil yang di kelilingi laut. Kegiatan pembukaan diikuti oleh peserta pelatihan, Tim Panitian/Fasilitator, Staf PB PMI Aceh, Keuchik Ulee Paya dan unsur Pemuda Ulee Paya. Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Keuchik Ulee Paya.

 

Materi yang disampaikan antara lain pengantar pelatihan, Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, Sibat Sebagai Relawan PMI, Konsep Dasar dan Strategi, Mengenal, Bekerja dan Bermitra Dengan Masyarakat, VCA, PRA dan Peta Dasar, Pemetaan, Mobilisasi dan Pengorganisasian Masyarakat, Penyadaran Masyarakat, Sistem Peringatan Dini Berbasis Masyarakat dan Informasi Darurat, Pengantar Tanggap Darurat.

Secara keseluruhan, peserta antusias mengikuti kegiatan sampai selesai. Kegiatan pelatihan juga didukung penuh oleh Keuchik, Sekdes dan unsur masyarakat desa Ulee Paya Pulau Aceh. Kegiatan pelatihan ditutup oleh Sekdes desa Ulee Paya Bapak Asri.

pelatihan sibat pulau aceh 2015

Joomla SEO by AceSEF