image1 image2 image3 image4 image5

Bidang Pengembangan Sumber Daya

27 Relawan PMI Provinsi Aceh dilatih Keahlian Water Rescue

Pelatihan water rescueProgram pertama daerah pesisir melaksanakan program pelatihan water rescue. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 23 s/d 28 Februari 2015 di Krueng Jreu Kabupaten Aceh Besar. Dalam pelatihan water rescue ini  27 relawan aktif PMI Provinsi Aceh ikut mengembangkan kapasitas kemampuan dalam evakuasi medan air. Ini menjadi penting mengingat Aceh berada pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi dengan daerah aliran sungai yang cukup banyak.

Dalam sepekan mereka di padatkan dengan materi yang telah disusun tim pelatih PMI Provinsi Aceh. Melengkapi kebutuhan materi pelatihan water rescue, pelatih PMI Provinsi Aceh juga mengundang pemateri dari Polres Aceh Besar dan dari Bataliyon Zeni Tempur 16. Masing-masing institusi tersebut mengirimkan pelatih yang berkompeten dalam bidang materi yang mereka berikan.

Read more...

PMI Aceh Selatan Melaksanakan Orientasi Pembina PMR dan Pelatihan Fasilitator

Orientasi Pembina

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Selatan mengadakan Orientasi Pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) bagi 14 guru SMP dan SMA/SMK. Kegiatan ini bertempat di Aula Markas PMI Kabupaten Aceh Selatan selama lima hari mulai tanggal 18 s/d 22 Juni 2014.

Ketua Bidang pengembangan organisasi dan sumber daya PMI Kabupaten Aceh Selatan Bapak H. Idris Ahmad mengatakan bahwa tujuan diadakan orientasi ini adalah untuk memberi pembekalan kepada guru pembina PMR agar lebih memahami manajemen pembinaan dan peningkatan keterampilan menjadi fasilitator, bagaimana memfasilitasi materi pembinaan PMR. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka pengembangan PMR di seluruh tingkatan baik tingkat Mula (SD/MI), Madya (SMP/MTs), maupun Wira (SMA/MA/SMK).

Selain Kegiatan Orientasi, juga dilaksanakan pelatihan fasilitator PMR dengan peserta berjumlah 15 orang yang merupakan perwakilan dari KSR.

Read more...

Pelatihan Surveyor "Studi Analisa Pembinaan Palang Merah Remaja (PMR)"

pelatihan surveyorJumat, 30 Mei 2014 Ketua PMI Provinsi Aceh T Alaidinsyah membuka pelatihan surveyor yang dilaksanakan di gedung Rumoh PMI. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari di Banda Aceh dengan peserta dari masing-masing perwakilan PMI cabang kab/kota yang ada di provinsi Aceh. Pelatihan ini merupakan pembekalan terhadap surveyor bagaimana melakukan survey yang baik agar terjaga kevalidan data. Tujuannya untuk studi analisa pembinaan palang merah remaja ( PMR).

Terjadinya banyak perubahan signifikan di berbagai sendi kehidupan para remaja, termasuk dalam hal intervensi budaya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kekerasan, perubahan iklim, dan migrasi.

Tinjauan menyeluruh mengenai program PMR perlu dilakukan sebagai dasar untuk revisi perencanaan program jangka panjang,  berkaitan dengan manajemen pembinaan PMR.

 

Read more...

Joomla SEO by AceSEF