image1 image2 image3 image4 image5

27 Relawan PMI Provinsi Aceh dilatih Keahlian Water Rescue

Pelatihan water rescueProgram pertama daerah pesisir melaksanakan program pelatihan water rescue. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 23 s/d 28 Februari 2015 di Krueng Jreu Kabupaten Aceh Besar. Dalam pelatihan water rescue ini  27 relawan aktif PMI Provinsi Aceh ikut mengembangkan kapasitas kemampuan dalam evakuasi medan air. Ini menjadi penting mengingat Aceh berada pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi dengan daerah aliran sungai yang cukup banyak.

Dalam sepekan mereka di padatkan dengan materi yang telah disusun tim pelatih PMI Provinsi Aceh. Melengkapi kebutuhan materi pelatihan water rescue, pelatih PMI Provinsi Aceh juga mengundang pemateri dari Polres Aceh Besar dan dari Bataliyon Zeni Tempur 16. Masing-masing institusi tersebut mengirimkan pelatih yang berkompeten dalam bidang materi yang mereka berikan.

 

pelatihan water rescue

 

Untuk kebutuhan materi navigasi (NAVDAR;navigasi darat) pelatih dari bataliyon Zeni Tempur 16 mengenalkan orientasi peta, penggunaan dan pemahaman peta topografi, peralatan perlengkapan navigasi seperti kompas dan GPS (global positioning system). Pemahaman fungsi peta topografi yang berhubungan dengan evakuasi, analisa kontur, fungsi ketinggian dan lain sebagainya di jelaskan kepada relawan pelatihan. Misalkan pada jalur evakusi korban longsor, banjir, gunung berapi, atau lain sebagainya. Diharapkan mereka dapat memahami setiap informasi yang dapat di temui pada peta daerah/wilayah bencana yang nantinya digunakan dalam tim kerja bencana.

Dalam pelatihan ini relawan dibekali dengan  teori dan pemahaman terlebih dahulu dan dimantapkan dengan praktek dan simulasi lapangan. Teknik penyelamatan di air, baik metode yang di gunakan maupun peralatan standar yang digunakan dalam teknik penyelamatan tersebut langsung disimulasikan dalam kegiatan pelatihan ini.

Relawan PMI harus siap membantu meringankan beban pemerintah dalam melindungi warga negara Indonesia sesuai kemampuan dan bidang fokus yang PMI lakukan. Kepada relawan yang telah mengikuti  pelatihan water rescue diharapkan bisa berbagi pengalaman dan ilmunya kepada rekan-rekan relawan lain di PMI Cabang kabupaten/kota masing-masing, demikian ketua PMI Provinsi Aceh bapak T Alaidinsyah mengatakan dalam sambutannya.

Joomla SEO by AceSEF