image1 image2 image3 image4 image5

Fieldtrip SKPK Pada Penutupan Program PERTAMA II

Fieldtrip SKPK MPA Penggemukan Kepiting Krueng TunongAceh Jaya - Program PERTAMA (Pengurangan Resiko Terpadu Berbasis Masyarakat) adalah salah satu program prioritas PMI yang berjalan dengan baik pada 2017 ini. Program yang berakhir pada Desember 2017 merupakan program dukungan Palang Merah Amerika, USAID, dan PKSPL-IPB. Program ini merupakan program terpadu dengan melibatkan masyarakat akar rumput dalam penguatan  kawasan pesisir tahap II. Program PERTAMA PMI telah berjalan sejak 2015. Program ini terus memberikan penguatan kepada masyarakat terkait pengurangan resiko bencana di wilayah pesisir Aceh Jaya.

Pada Rabu (13/12) PMI mengajak SKPK Aceh Jaya untuk melihat perkembangan wilayah yang telah masuk dalam program PERTAMA. Atas berakhirnya dukungan program PERTAMA ini, diharapkan ada yang melanjutkan pemamfaatan potensi wilayah yang terbangun.

Sejumlah desa yang telah tersentuh program PERTAMA diantaranya Desa Krueng Tunong, Ceunamprong, Krueng No, Meunasah Kulam, Lhok Geulumpang, Gampong Baro, Crakmong, Jeumpeuk, Lhok Timon, Lhok Kruet.

Dengan berakhirnya program PERTAMA, masyarakat diharapkan tetap dapat menjaga daerah konservasi hutan mangrove sehingga pendapatan rumah tangga dapat meningkat. Ini yang menjadi harapan PMI saat mendesign program penguatan masyarakat pesisir Aceh Jaya.

Beberapa usaha yang telah berkembang dengan adanya kawasan konservasi ini yaitu Peyek dari tempung mangrove Desa Krueng No, Sirup dan Dodol mangrove Desa Meunasah Kulam, Penggemukan Kepiting di Desa Krueng Tunong, serta potensi ekowisata mangrove mulai terlihat dalam kawasan Desa Gampong Baro. Kedepan, potensi lainnya dapat terus muncul seiring dengan penguatan daerah pesisir dengan mengelola daerah konservasi hutan mangrove.

Dukungan SKPK sangat diharapkan PMI dalam memberi sinergi terhadap penguatan wilayah konservasi hutan pantai. Program selanjutnya kedepan juga diharapkan mampu menghadirkan program serupa terhadap penguatan hutan mangrove sebagai pondasi ekonomi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan terhadap kerentanan bahaya akibat acaman bencana yang dapat terjadi di kawasan pesisir Aceh Jaya.

Joomla SEO by AceSEF

 

FacebookTwitterYoutubeFlickrDelicious