image1 image2 image3 image4 image5

Pelatihan Assessment TDB dan Distribusi Bantuan

 Peserta pelatihan saat praktik manajemen gudang dan distribusi bantuan

PMI Provinsi Aceh melakukan penguatan kapasitas sukarelawan bidang penanggulangan bencana. Kegiatan ini merupakan Pelatihan Assessment Tanggap Darurat Bencana dan Pelatihan Distribusi Bantuan. Kegiatan ini termasuk dalam katagori pelatihan spesialisasi Tanggap Darurat Bencana. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 12 sampai dengan 18 November 2017 di Pusdiklat PMI Provinsi Aceh. Peserta pelatihan berasal dari 19 Cabang PMI Kab/Kota di Provinsi Aceh serta 1 dari unsur Pemerintah yaitu Dinas Sosial. Peserta yang mengikuti pelatihan Assessment TDB berjumlah 29 Orang, dengan rincian 28 orang berasal dari PMI cabang Kab/Kota dan 1 Orang dari Dinas Sosial. Demikian halnya dengan Pelatihan Distribusi Bantuan 28 orang bari PMI cabang Kab/Kota 1 dari Dinas Sosial. Total Peserta Pelatihan yang diadakan bersamaan ini diikuti oleh 58 Peserta.

Tersedianya sumberdaya manusia PMI yang terlatih untuk bidang assessment tanggap darurat bencana dan distribusi bantuan merupakan upaya PMI Provinsi Aceh dalam manajemen bencana di masa sebelum bencana. Sehingga dalam upaya ini PMI Provinsi Aceh dapat meningkatkan pelayanannya saat dibutuhkan masyarakat ketika bencana.

“Dalam manajemen bencana ada masa sebelum bencana, saat bencana dan setelah bencana. Upaya saat ini yang kita lakukan adalah kesiapsiagaan sebelum bencana terjadi dengan melatih sukarelawan sehingga saat bencana terjadi PMI dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat” demikian ungkap Ketua PMI Aceh saat membuka Pelatihan tersebut.

Pelatihan yang mendatangkan fasilitator dari PMI Pusat yang telah tersertifikasi profesi penanggulangan bencana sesuai standar. Sehingga sukarelawan PMI yang mengikuti pelatihan memiliki kemampuan penanggulangan bencana yang baik. Hal ini sejalan dengan upaya PMI untuk dapat meningkatkan pelayanan khususnya Tanggap Darurat Bencana.

 

Joomla SEO by AceSEF

 

FacebookTwitterYoutubeFlickrDelicious