image1 image2 image3 image4 image5

Pelatihan Dukungan Psikososial (PSP) Untuk Pidie Jaya

Pelatihan dukungan psikososial untuk dampak gempa pidie jaya

PMI Provinsi Aceh melatih 20 orang sukarelawan dukungan psikososial untuk korban terdampak gempa bumi Pidie Jaya. Pelatihan ini berlangsung pada 23 sampai 27 Februari 2017. Sejak awal operasi pemulihan dini PMI di Pidie Jaya, telah menjalankan program PSP dengan mobilisasi relawan PMI dari luar Kabupaten Pidie Jaya. Seiring berjalannya program operasi pemulihan dini, PMI Provinsi Aceh juga berupaya untuk mempersiapkan SDM PSP PMI Kabupaten Pidie Jaya.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengurangi dampak psikologis akibat terjadinya bencana yang menimbulkan perubahan kehidupan sosial. Kebutuhan akan adanya SDM dibidang PSP menjadi catatan penting bidang YANKESSOS untuk peningkatan pelayanan PSP di Pidie Jaya.

Banyak persoalan yang ditimbulkan setelah terjadinya gempa bumi Pidie Jaya 7 Desember 2016 lalu. Kerusakan tempat tinggal, hilangnya nyawa orang terdekat, hilangnya anggota fisik, hilangnya matapencarian dan lain sebagainya membawa dampak psikologis masyarakat korban serta dampak kehidupan sosial. Untuk itu PMI dalam operasi pemulihan dini gempa bumi Pidie Jaya ini menyertakan program dukungan psikososial untuk pemulihan masyarakat korban terdampak bencana.

Sebagai dari rencana exit strategis Program PSP PMI Provinsi Aceh memprioritaskan sumberdaya lokal, dari 20 peserta yang mengikuti pelatihan, 16 orang relawan PMI Kabupaten Pidie Jaya, 2 orang relawan PMI Kabupaten Bireuen dan 2 orang relawan PMI Kabupaten Pidie. Dengan ini diharapkan penerima mamfaat tidak merasa ditinggal oleh orang dekat untuk kedua kalinya setelah berakhirnya program operasi pemulihan dini PMI untuk gempa bumi Pidie Jaya. Harapan kedepan PMI Kabupaten Pidie Jaya dapat terus memberikan dukungan psikososial.

Suasana Pelatihan PSP Pijay PulihFasilitator pelatihan ini merupakan pelatih bersertifikat nasional Ibu Nova Sari yang mengabdi di PMI Kota Banda Aceh. “Jarang sekali ada pelatihan PSP yang ilmunya bisa langsung kalian aplikasikan di daerah dampak bencana, untuk itu kalian termasuk orang yang akan memiliki pemahaman yang mendalam untuk hal ini” demikian ungkap Kadiv. YANKESSOS PMI Provinsi Aceh Bapak Isnandar Muda Lubis disela-sela memberi motivasi saat pelatihan.

Dalam menyusun program operasi pemulihan dini, PMI Provinsi Aceh telah menyusun serangkaian strategi pemulihan dalam sebuah operasi kemanusiaan di Pidie Jaya. Dari awal PMI telah terlibat dalam tanggap darurat, kemudian melanjutkan ke operasi pemulihan dini.

Joomla SEO by AceSEF

 

FacebookTwitterYoutubeFlickrDelicious