image1 image2 image3 image4 image5

PMI Banda Aceh Gelar Seminar Rhesus Negatif

PMI Kota Banda Aceh Menggelar Seminar Rhesus Negatif

Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh mengelar kegiatan seminar tentang Rhesus Negatif di Aula Grand Nanggroe Hotel, Sabtu (11/11). Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan tentang Rhesus Negative yang mengusung tema “Saya Rhesus Negatif, Kamu.”

Pada kegiatan ini di hadiri oleh peserta dari Rhesus Negatif Aceh, Reshus Negatif Indonesia (RNI), Dipa Healthcare, Ketua, Bendahara, Sekretaris, Kepala Markas PMI Banda Aceh, Medis dan Paramedis serta masyarakat umum, tutur Ketua Panitia dr. Natalina Cristanto.

Ketua PMI Banda Aceh Qamaruzzam Hagny dalam kata sambutanya menyampaikan “kegiatan ini bisa terlaksana bantuan dari Dipa Healthcare, RNI dan RNA serta kumpulan Rhesus Negatif tapi berfikiran positif serta seluruh pesrta seminar Rhesus Negatif.

“Dengan adanya kegiatan seminar masyarakat bisa lebih mengetahui apa manfaat mengetahui rhesus dalam darah, kalau mau tau rhesus silahkan donor darah PMI akan memeriksa rhesus pendonor darah sukarela segara gratis.” Jelas Qamaruzzaman

Kegiatan ini di hadiri oleh tiga pemateri antara lain Dr. dr. Ali Sungkar, Sp. OG-KFM, dr. Teuku Ilhami Surya Akbar, M. Biomed, dr. Aslinar, Sp.A, M. Biomed.

Pemateri pertama dr. Ilham menjelaskan penting betapa pentingnya mengetahui rhesus darah, yaitu pada saat perlu darah untuk di tranfusi maka darah dengan golongan darah yang tidak sama akan memicu pembentukan zat sehingga akan terjadi reaksi transfusi. Sedikit tentang perbedaan antara Rhesus Positif dan Negatif yaitu ada pada antigen D pada permukaan sel.

Seseorang dikatanya mempunyai Rhesus Positif bila pada permukaan sel  adanya antigen D, dan sebaliknya jika Rhesus Negatif pada permukaan sel tidak adanya antigen D, Jelas dr. Ilham.

dr. Ali Sungkar saat menyampaikan materi juga menjelaskan harusnya ada perlakuan yang sama terhadap orang dengan Rhesus Negatif karena Rhesus Negatif mempunyai resiko pada kehamilan kedua terhadap anak dan ibunya, sehingga kalau kita tahu Rhesus Negatif artinya sebelum hamil ada pemeriksaan standar Hemaglobin dan golongan darah.

Beliau juga menambahkan seorang yang mempunyai rhesus negatif pasangan juga harus tahu Rhesus apa sehingga resiko untuk kehamilan bisa segera di atasi.

dr. Aslinar salah satu pemateri yang mempunyai golonan darah Rhesus B Negatif dalam materinya menyampaikan seorang yang mempunyai rhesus Negatif adalah anugrah, Jika bayi dari ibu rhesus negatif pada kehamilan pertama bayi tidak terjadi resiko kemantian, tapi ibu akan terbentuk antibody terhadap rhesus positif sekitar 80% pada kehamilan kedua, jadi jika hamil berikutnya lebih tinggi antibody maka antibody akan langsung menghancurkan sel darah merah janin, jika bayi kuning makan segera dilakukan terapi sesuai protapnya jika kita sudah mengetahui segera antisipasi kehamilan sejak awal.

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Maskur, ST  Staff kehumasan PMI Kota Banda Aceh, Tlp. 0852 6015 0020, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

acheter hoodia gordonii pur
Joomla SEO by AceSEF

 

FacebookTwitterYoutubeFlickrDelicious