image1 image2 image3 image4 image5

PMI Kota Banda Aceh Gelar Sosialisasi Kebakaran di Sekolah

Simulasi memadamkan api

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh mengelar kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama dan Simulasi Kebakaran di Lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Banda Aceh, Kamis(30/11). Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan guru dan murid tentang pertolongan pertama dan kebakaran sejak dini.

Pelatihan dihadiri oleh 2 (dua) pemateri di antaranya Masykur yang memberi materi Pertolongan Pertama tentang luka bakar yang harus dilakukan jika terjadi luka bakar jangan panik penanganan cukup sederhana apabila seorang yang mengalami luka bakar harus di siram dengan air selama kurang lebih 20 menit jelas masykur saat memberi materi.

Pemateri kedua disampaikan oleh Yudi, SH dari DPKP Banda Aceh menyampaikan materi tentang penyebab terjadinya kebakaran diantaranya faktor kelalaian, Proses terjadi api, adanya panas, bahan bakar dan udara. Sedangkan untuk memadamkan api dengan menggunakan pendinginan, penguraian, dan oksidasi. Adapun alat pemadam api secara tradisional  antara lain karung goni, pasir, dan lumpur, sementara alat pemadam api secara modern yaitu Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang terbuat dari tepung kimia kering, jenis gas, dan busa.

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti pelatihan kegiatan sosialisasi di ikuti oleh 50 orang peserta, tidak hanya pelatihan peserta juga di ajak untuk mengikuti simulasi kebakaran di lapangan sekolah yang disediakan drum untuk simulasi kebakaran.

Terlihat peserta baik dari guru dan para pelajar memperagakan cara mengunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta berhasil memadamkan api.

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Hagny saat dikonfirmasih menjelaskan “berterimkasih kepada DPKP Banda Aceh dan SMP Negeri 6 Banda Aceh yang telah bekerjasama dengan PMI Banda Aceh  menyelenggarakan sosialisasi Pertolongan Pertama dan Kebakaran.”

Tambahnya lagi “semoga kegiatan ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dalam melakukan pertolongan pertama dan penanganan kebakaran untuk pengurangan resiko bencana sejak dini.”

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Maskur, ST  Staff kehumasan PMI Kota Banda Aceh, Tlp. 0852 6015 0020, Tarmizi, SH/Staff Bidang Penanggulangan Bencana, Hp. 0813 6060 9664 email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Joomla SEO by AceSEF

 

FacebookTwitterYoutubeFlickrDelicious