image1 image2 image3 image4 image5

Satuan Penanggulangan Bencana Untuk Wilayah Pesisir

PMI Provinsi Aceh memfasilitasi kegiatan Pelatihan Satuan Penanggulangan Bencana (SATGANA) kepada relawan PMI Kabupaten Aceh Jaya dan masyarakat yang tergabung dalam SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat )di wilayah pesisir. 


Kegiatan pelatihan SATGANA PMI bekerjasama dengan Palang Merah Amerika dan USAID berlangsung dari tanggal 11 s/d 20 November 2013 ,bertempat di Lapangan Gampong Krueng Jreu Kec. Indrapuri Kab. Aceh Besar, diikuti sebanyak 40 orang perwakilan dari wilayah Aceh Jaya.


Tujuan dari diadakannya pelatihan ini, sebagai upaya  meningkatkan dan mengembangkan kemampuan relawan PMI dan masyarakat  yang menjadi ujung tombak pada saat terjadinya bencana khususnya diwilayah pesisir Kabupaten Aceh Jaya, oleh karenanya perlu adanya peningkatan kapasitas dan pengetahuan yang lebih mendalam dalam bidang kesiapsiagaan dan tanggap darurat bencana kepada relawan PMI.

Masyarakat yang dilatih dengan keterampilan tanggap darurat bencana oleh PMI selanjutnya di wadahi kedalam kelompok SIBAT. Pengetahuan dan keterampilan yang diberikan selama sepuluh hari diantaranya : Manajemen tanggap darurat, relief, distribusi, evakuasi, radio komunikasi, manajemen posko, restoring family link dan simulasi.

Kedepannya diharapan setelah mendapatkan pelatihan masyarakat yang berdomilisi diwilayah pesisir akan mampu melakukan langkah-langkap kesiapsiagaan sebelum menghadapi bencana, pada saat terjadi bencana dan setelah terjadi bencana sebagaimana di ungkapkan Koordinator Prog. PERTAMA-Pesisir Zatin Sulaiha Abdullah.

Informasi : Staf PB PMI Provinsi Aceh Reni 081362710011, Zatin Sulaiha 08126975978
Joomla SEO by AceSEF

 

FacebookTwitterYoutubeFlickrDelicious