image1 image2 image3 image4 image5

PMI Menyalurkan Bantuan Telkomsel dan Tides

Junidar Penerima Bantuan Donasi TidesPidie Jaya - Setahun bencana Gempabumi Pidie Jaya, PMI terus menyalurkan bantuan terhadap masyarakat terdampak bencana. Kali ini Donasi bantuan berasal dari Pelanggan Telkomsel dan Yayasan Tides. Bantuan ini disalurkan dengan metode Distribusi Bantuan Berbasis Tunai (Cash Transfer Program = CTP). Metode pembayaran menggunakan fasilitas Tcash dari Telkomsel.

Bantuan ini didistribukan mulai tanggal 15 sampai 20 Desember 2017. Bagi penerima bantuan yang berada di wilayah Kecamatan Ulim, Jangka Buya, Bandar Dua, Meurah Dua (Khusus Gampong Lamcok), Meuredue (Khusus Gampong Blang Awe) dapat menggunakan fasilitas Tcash di Toko Rizal Jaya Jalan Medan – Banda Aceh No. 7 Ulee Gle. Untuk wilayah Kecamatan Meurah Dua, Meuredue dapat menggunakannya di Toko Bina Abadi  Jalan Iskandar Muda No. 1 Meuredu. Serta mereka yang berada di wilayah Kecamatan Trienggadeng, Pante Raja, Bandar Baru dapat berbelanja menggunakan fasilitas Tcashnya di Toko Rahmat Jalan Medan – Banda Aceh No.92 Lueng Putu. Toko tersebut melayani setiap harinya mulai pukul 08.30 sampai 12.30 selanjutnya pukul 14.00 sampai 16.00 Wib.

Diawal masa tanggap darurat Gempabumi Pidie Jaya, Telkomsel melakukan penggalangan dana dari pelanggannya yang kemudian menyalurkan melalui PMI, demikian juga dengan yayasan Tides. PMI telah terlibat sejak awal terhadap pelayanan bantuan bencana Gempabumi Pidie Jaya hingga hari ini. Selama setahun PMI terus membantu pemerintah memberi dukungan terhadap masyarakat Pidie Jaya yang terdampak bencana Gempabumi.

Sebelum penyaluran bantuan, PMI telah melakukan assessment terhadap penerima mamfaat untuk menentukan kelayakan dan kebutuhan. Assessment dilakukan pada awal pasca tanggap darurat pada Januari 2017. Untuk kebutuhan penyaluran bantuan pelanggan Telkomsel dan Yayasan Tides assessment lanjutan dilakukan pada November 2017.

Kebutuhan bantuan dibagi menjadi kebutuhan akan peralatan hunian dan kebutuhan akan peralatan air bersih rumah tangga. Dari dukungan Donasi Pelanggan Telkomsel, 51 KK memperoleh bantuan peralatan hunian dan 215 KK memperoleh bantuan kebutuhan peralatan air bersih rumah tangga. Sedangkan dari Donasi Tides mendukung bantuan kebutuhan peralatan air bersih rumah tangga untuk 320 KK. Total jumlah penerima mamfaat terhadap bantuan yang di salurkan oleh PMI berjumlah 586 KK. Jumlah nilai bantuan yang disalurkan untuk hunian Rp. 4.550.000 dan untuk bantuan kebutuhan peralatan peralatan air bersih rumah tangga Rp 910.000 perkepala keluarga.

Di bulan Juni 2017 yang lalu PMI juga telah mendistribusikan bantuan dengan CTP tahap pertama dukungan dana DREF dari IFRC untuk kebutuhan peralatan hunian, kebutuhan peralatan air bersih rumah tangga, dan kebutuhan peralatan matapencarian. Jumlah penerima mamfaat dari dukungan dana DREF dari IFRC sejumlah 1500 KK yang telah didistribusikan sampai akhir Juni 2017. Metode pembayaran menggunakan kartu Brizzi BRI.

Dalam membantu memperoleh hasil penilaian yang baik, metode assessment PMI menggunakan peralatan android dengan dukungan aplikasi ODK (Open Data Kit). Pengumpulan data dari lapangan akan masuk dan terekap di server PMI Pusat. Upaya untuk merubah, menghapus, atau mengganti data saat dilapangan menjadi dapat terhindari.

Joomla SEO by AceSEF

 

FacebookTwitterYoutubeFlickrDelicious