image1 image2 image3 image4 image5

Tiga Puluh Relawan Ikut Pelatihan PP

Simulasi pada Pelatihan Pertolongan Pertama.JPGKebutuhan akan personil pertolongan pertama menjadi dasar terhadap diselenggarakannya pelatihan pertolongan pertama (PP). Pelatihan ini sebagai upaya PMI dalam meningkatkan pelayanan terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia di bidang PP. Hal ini menjadi kesiapan PMI dalam membantu pemerintah atas kebutuhan dilapangan semisal siaga lebaran. Personil PP diharapkan nantinya di kab/kota masing-masing mampu memberi pelayanan pertolongan pertama.

Pelatihan ini dibuka oleh wakil ketua PMI Provinsi Aceh Bidang Yankessos dan Donor Darah Dr. dr. Kurnia Fitri Jamil, M. Kes, Sp. PD. “ Nanti di ingat-ingat kembali, kita sebagai manusia, menolong satu jiwa, tidak bisa sendiri, kita harus minta tolong, makanya didalam protapnya (masih itu ya?menegaskan ke pelatih sambil mengangkat tangan TOLONG) jadi kita tetap berteriak TOLONG menolong satu jiwa, untuk apa, membantu tadi, ada yang membantu kompresi, memompa jantung” arahan beliau sambil menceritakan sebuah kasus. Pelatihan ini berlangsung mulai tanggal 8 s/d 16 Oktober 2018. Sejumlah 30 Orang peserta mengikuti pelatihan berasal dari 6 PMI Cab kab/kota di Provinsi Aceh yang sering terlibat dalam SIAGA LEBARAN.

Pertolongan pertama bertujuan untuk memberi pertolongan guna mencegah keadaan bertambah buruk. Sampai nantinya korban mendapatkan tindakan medis.Tidak hanya pengetahuan saja, tapi juga di tuntut skill dan keberanian untuk dapat memberi pertolongan pertama. Agar dalam tindakan sesungguhnya dapat diimplementasikan dengan baik.