image1 image2 image3 image4 image5

Pelatihan Water Sanitation and Hygine

Praktek saat pelatihan WASH.JPGPMI Provinsi Aceh melaksanakan pelatihan WASH (Water Sanitation and Hygine) di PUSDIKLAT PMI Provinsi Aceh. Pelatihan ini berlangsung mulai 17 sampai 24 Oktober 2018. Total 30 peserta yang berasal dari 20 perwakilan PMI cabang kab/kota yang ada di Provinsi Aceh. Pelatihan ini merupakan pelatihan spesialisasi relawan. Tujuannya untuk peningkatan kapasitas relawan khususnya dalam pelayanan air, sanitasi dan promosi kesehatan lingkungan saat bencana.

Terjadinya bencana mendasari pelatihan ini untuk dilaksanakan, agar upaya PMI dalam memberi pelayanan saat terjadi bencana dapat ditingkatkan. Kita tahu saat ini relawan PMI sedang banyak bertugas diwilayah bencana seperti Lombok dan Palu. Artinya kebutuhan akan SDM masih terus harus diperkuat. Mengingat bencana sering terjadi tanpa terduga.

Dalam  perkembangan pelayanan PMI khususnya distribusi air, berbeda dengan tim lainya dalam kerja-kerja bencana. Dimana PMI menyertakan layanan promosi kesehatan saat pendistribusian air. Hal ini sangat efektif ketika kebutuhan air di lokasi bencana dengan keterbatasan jumlah harus dapat terpenuhi. Tidak hanya efektif, layanan promosi kesehatan juga menjadi pendampingan yang baik agar masalah yang ditimbulkan dari penggunaan air dapat dilakukan langkah pencegahan. Baik munculnya vektor (pembawa penyakit) akibat lingkungan pengungsian yang buruk, maupun penyalah gunaan air saat di konsumsi maupun pemborosan.

Untuk itu pelayanan PMI khususnya air saat bencana berbeda, ini telah dilakukan PMI Provinsi Aceh saat distribusi air paska bencana gempa bumi Pidie Jaya.