image1 image2 image3 image4 image5

PMI Provinsi Aceh Menggelar Pelatihan RFL

Peserta RFL foto bersama pengurus PMI AcehPMI Provinsi Aceh menggelar pelatihan Restoring Family Links (RFL) atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan pemulihan hubungan keluarga. Pelatihan ini berlangsung mulai 25 hingga 30 Oktober 2018 di PUSDIKLAT PMI Provinsi Aceh. RFL adalah salah satu layanan andalan PMI dalam memberikan kepastian kepada keluarga yang kehilangan kontak dengan orang yang mereka kasihi akibat bencana, konflik ataupun situasi kemanusiaan lainnya.

Sejumlah 30 orang peserta ikut dalam pelatihan ini. Peserta merupakan relawan PMI dari 19 PMI cabang Kab/Kota di Provinsi Aceh. Metode pelatihan mulai dari diskusi, tugas kelompok dan praktek lapangan.

Pemulihan hubungan keluarga untuk para korban bencana dan konflik adalah saah satu kegiatan gerakan internasional Palang Merah/Bulan Sabit Merah yang telah berjalan lama. Untuk meningkatkan tanggung jawab PMI terhadap masyarakat, dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada orang-orang yang membutuhkan, PMI Provinsi Aceh meningkatkan kapasitasnya agar dapat memberikan pelayanan RFL yang berkelanjutan, sebelum, pada saat dan sesudah bencana maupun konflik. PMI berharap, akan ada sumberdaya manusia yang mengerti dan mempunyai keahlian dalam memberikan pelayanan RFL.

Di Provinsi Aceh sendiri layanan RFL pernah dilakukan PMI pada saat Konflik tahun 2000, Tsunami 2004, juga saat terdampar pengungsi Rohingya tahun 2015. Saat ini PMI juga sedang melakukan layanan serupa pada bencana Gempa serta Tsunami di Palu juga Donggala yang terjadi 28 September 2018 lalu.

Pelatihan ini dibuka oleh ketua PMI Provinsi Aceh Bapak Ir. T. Alaidinsyah, M.Eng