image1 image2 image3 image4 image5

Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana (POSKO)

Salah satu peserta sedang membuat display peta operasi bencana TDB banjirPeningkatan kesiapsiagaan bencana oleh PMI Provinsi Aceh terus diupayakan. Salah satunya dengan menggelar pelatihan Kesiapsiagaan Bencana atau disebut juga Pelatihan Posko. Pelatihan ini berlangsung mulai 29 hingga 31 Oktober 2018 di Lapangan latih Krueng Jreu Aceh Besar. Peserta pelatihan sejumlah 30 relawan dari 17 PMI cabang Kab/Kota di Provinsi Aceh. Metode pelatihan mulai dari diskusi, tugas kelompok, serta simulasi posko tanggap darurat bencana.

Markas PMI merupakan Posko dari relawan PMI, untuk itu sepulang dari pelatihan ini, relawan PMI diharapkan mampu memanajemen markas kabupaten/kotanya masing-masing menjadi sebuah posko. Setiap Posko diharapkan dapat mengelola informasi. Sehingga kesiapsiagaan bencana oleh PMI dapat terus ditingkatkan.

Dalam simulasi pelatihan, bencana yang terjadi yaitu banjir di Desa Riting dan Desa Krueng Lamkareung. Peserta di tuntut dapat mengoperasikan posko. Ada dua posko yang difungsikan, posko induk dan posko lapangan. Peran dan fungsi yang berbeda masing-masing dipraktekan oleh peserta pelatihan. Simulasi ini dilakukan agar peserta memperoleh gambaran bagaimana peran dan fungsi posko serta perangkat kerja yang terbagi dalam struktur operasi tanggap darurat bencana.

Setiap kabupaten/kota memiliki ancaman bencananya masing-masing, untuk itu relawan PMI harus mampu melihat ancaman tersebut sebagai upaya PMI dalam memberikan pelayanan pra maupun pasca bencana.