image1 image2 image3 image4 image5

Pelatihan Manajemen Jenazah Bagi Relawan

Simulasi Pelatihan Manajemen JenazahPMI Provinsi Aceh menggelar pelatihan Manajemen Jenazah (MJ) mulai 25 hingga 27 Desember 2018. Pelatihan ini bertujuan untuk memaksimalkan pengidentifikasian jenazah dan mempromosikan MJ yang benar dan bermartabat. Pelatihan ini berfokus memberi rekomendasi-rekomendasi praktis bagi relawan-relawan PMI yang aktif di kabupaten/kotanya masing-masing.

Pelatihan yang diikuti oleh 32 orang relawan PMI Kab/Kota di Provinsi Aceh dilaksanakan dengan metode materi lokal dan praktek simulasi lapangan.

Pelatihan ini membantu relawan yang tidak memiliki keahlian forensik untuk mengumpulkan informasi dasar yang bisa berguna bagi pengidentifikasian jenazah, dengan tidak menghilangkan perlunya pengidentifikasian jenazah yang nantinya akan dilakukan oleh ahli forensik. Namun, jika diikuti, rekomendasi-rekomendasi yang ada akan membantu pekerjaan spesialis forensik ketika mereka tiba di tempat kejadian.

Kemampuan untuk mengelola identifikasi evakuasi jenazah dapat membantu merangkum informasi-informasi penting yang suatu waktu diperlukan baik oleh keluarga maupun pihak terkait lainnya.

Ketika terjadinya bencana, ada sejumlah langkah sederhana yang jika dilaksanakan secara dini, dapat meningkatkan secara signifikan peluang berhasilnya pengidentifikasian.

Pelatihan ini berpedoman pada Buku Manajemen Jenazah yang disusun untuk publikasi dari Bidang Tanggap Darurat dan Pertolongan Bencana (Area on Emergency Preparedness and Disaster Relief), yang merupakan bagian dari Organisasi Kesehatan Pan-Amerika (the Pan American Health Organization atau PAHO), Organisasi Kesehatan Dunia (the World Health Organization atau WHO), dan Komite Internasional Palang Merah (the International Committee of the Red Cross atau ICRC).  

Buku ini dapat di download melalui link berikut (klik disini).