image1 image2 image3 image4 image5

KSR PMI UIN Ar-Raniry Gelar Diklatsar

Pjs Ketua PMI Banda Aceh menyematkan tanda peserta kepada peserta Diklatsar KSR PMI UIN Ar-Raniry ke XXIIIKorps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) unit Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengelar pembukaan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) XXIII di kampus, Senin (08/04). Kegiatan ini mengusung tema “Melalui Diklatsar mewujudkan relawan yang solid, kreatif, disiplin, serta memiliki sifat kekeluargaan yang erat.”

Kegiatan berlangsung selama 7 (tujuh) Hari mulai tanggal 8 sampai 14 April 2019. Peserta Diklatsar yang mendaftar sebanayak 199 orang kemudian mengikuti test peserta yang lulus sebanyak 96 orang dan peserta yang mendaftar ulang untuk mengikuti Diklatsar sebanyak 47 orang tutur Komanda KSR PMI UIN Ar-Raniry M. Akbar.

Adapun kegiatan Diklatsar harus mengikuti modul PMI sebanyak 120 jam materi antara lain seperti sejarah Palang Merah, Pertolongan Pertama, Tanggap Darurat Bencana. Assesment, Restoring Family Link (RFL), Water and Sanitation (Watsan), Kesehatan Remaja, Dapur Umum dan materi wajib lainnya bagi seseorang yang ingin menjadi relawan.

Pada saat pembukaan peserta Diklatsar Pjs Ketua PMI Banda Aceh dan Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaaan UIN Ar-Raniry menyematkan tanda peserta kepada calon anggota Diklatsar KSR PMI UIN Ar-Raniry serta dilanjudkan dengan pemberian secara simbolis kartu anggota PMI kepada Relawan KSR PMI UIN Ar-Raniry.

Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan Dr. Saifullah, M. Ag dalam sambutan Diklatsar KSR PMI UIN Ar-Raniry menyampaikan “untuk adik peserta Diklatsar KSR PMI UIN Ar-Raniry kami dari rektorat mengharapkan untuk mengikuti pelatihan ini dengan serius dan tidak main-main ini adalah Sesutu yang penting dalam perjalanan hidup dan tidak akan didapatkan di bangku perkuliahan. kita menganut long life education yang mana pendidikan tidak pernah mati dan selalu berproses, kapan kita akan merasakan manfaatnya dalam jangka waktu 2 sampai 5 tahun kemudian. Kita telah menyanyikan lagu dan Mars PMI dan kita dapat mengapliksikan dalam kehidupan kita, mudah-mudahan apa yang kalian lakukan bersama PMI membawa berkah dan manfaat bagi kemanusian nantinya

Penanggung jawab (Pjs) Ketua PMI Kota Banda Aceh Mus Mulyadi, S. Pdi, MM, saat memberikan kata sambutan menyampaikan “PMI Banda Aceh akan siap mensuport kegiatan yang menghasilkan kader relawan terbaik untuk melanjudkan misi kemanusian dimasa yang akan datang. "Para calon relawan saya ingin menyampaikan, sebelum adik berbaris didepan saya, saya sudah lebih duluan berbaris dan mengikuti diklatsar tahun 1996-1997 di kampus yang kita cintai, susah senang menjadi peserta diklat sebelum adik rasakan sudah kami dan senior rasakan. Oleh sebab itu saya mengajak peserta diklatsar untuk mengikuti segala kegiatan yang telah ditentukan oleh panitia pelaksanan dengan penuh suka dan rela. Ketika suka dan rela kita lakukan apapun yang di intruksi oleh intruktur kita akan menerima dengan lapang dada. Kondisi sekarang kita butuh relawan yang tangguh dalam segala bidang baik fisik maupun fikiran di era ini kita butuh relawan yang go nasional dan internasional dan terimakasih kepada Rektor UIN Ar-Raniry yang telah membina adik KSR PMI UIN Ar-Raniry.